0

Pemprov. Papua Barat Wajib Laksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM)

p_20161124_101927

Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 Negara berkewajiban menjamin hak-hak tertentu setiap warganya, termasuk hak untuk memperoleh pelayanan dasar dengan mutu atau standar tertentu, dimana kewajiban negara tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat adalah dengan menetapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM)  berdasarkan hak warga negara yang diamanatkan di dalam kontitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam Kerangka Kebijakan Pembangunan Nasional penerapan SPM juga merupakan bagian prioritas nasional reformasi birokrasi dan tata kelola, dan sebagai perwujudan penerapan sistem Indikator Kinerja Utama Pelayanan Publik yang selaras antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang diharapkan akan meningkatkan kinerja dalam implementasi urusan pemerintahan daerah.

Oleh sebab itu Pemerintah Provinsi Papua Barat malalui Biro Organisasi dan Tata Laksana terus berupaya untuk mewujudkan percepatan penerapan SPM di daerah melalui berbagai kegiatan termasuk Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Provinsi Papua Barat tahun 2016 yang dihadiri oleh 9 urusan wajib di Provinsi Papua Barat yang di laksanakan di Hotel Valdos Manokwari Kamis (24/11).

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Supriatna Djalimun mengatakan bahwa kegiatan Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan Minimal ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Standar Pelayanan Minimal dan menyusun rencana aksi percepatan penerapan pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal di daerah.

Selain itu diharapkan adanya penguatan fungsi-fungsi koordinasi antar lini sangat diperlukan untuk mengoptimalkan penerapan SPM, dan juga perlu segera mempersiapkan langkah-langkah strategis dan teknis dalam mendorong percepatan penerapan SPM, agar penetapkan SPM yang telah dilakukan oleh pemerintah dapat menjadi perhatian dan prioritas penyelenggaraan pemerintahan daerah di Provinsi Papua Barat. (MC Papua Barat/fh/rd)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>